Jelang Hari Dharma Samudera Tahun 2024, Danlanal Lhokseumawe Pimpin Upacara Ziarah dan Tabur Bunga

Jelang Hari Dharma Samudera Tahun 2024, Danlanal Lhokseumawe Pimpin Upacara Ziarah dan Tabur Bunga

Smallest Font
Largest Font

Lhokseumawe.Nkrikitanews.com - TNI AL, Lhokseumawe,- Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto memimpin Upacara Ziarah dan Tabur Bunga dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2024 di Taman Makam Pahlawan, Desa Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Jumat (12/1/2024).

"Peringatan Hari Dharma Samudera ini intinya adalah memperingati gugurnya para pahlawan khususnya para pahlawan TNI Angkatan Laut dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia," kata Danlanal Lhokseumawe dalam keterangannya usai upacara tersebut.

Dalam upacara tersebut, Danlanal lhokseumawe meletakkan karangan bunga di depan Taman Makam Pahlawan, dan melakukan prosesi tabur bunga juga berdo'a yang diikuti oleh sejumlah Perwira Staf dan Kasatlak Lanal Lhokseumawe yang hadir.

Peringatan Hari Dharma Samudera bertujuan untuk mengenang sejumlah pertempuran laut yang terjadi sejak Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, dengan puncaknya pada pertempuran di Laut Aru yang menyebabkan gugurnya Komodor Yos Sudarso dan tenggelamnya kapal motor torpedo boat (MTB) RI Macan Tutul pada 15 Januari 1962.

"Peristiwa ini memberikan semangat kepada para pelaut dan prajurit TNI AL yang masih ada untuk meneruskan perjuangan beliau (Yos Sudarso), terutama dalam mempertahankan kedaulatan dan keselamatan di seluruh perairan nasional,"  ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa peringatan Hari Dharma Samudera yang menggambarkan keberanian Komodor Yos Sudarso, juga dapat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk bergabung dengan TNI AL dan meneruskan jejak perjuangan pahlawan nasional itu.

"Itu harapan kami dan seperti yang sudah dijalankan, kami telah membuka satuan pendidikan dibeberapa daerah untuk merekrut pemuda-pemuda bergabung dengan AL dan nantinya bisa meneruskan perjuangan Yos Sudarso dan pahlawan-pahlawan laut lainnya," tuturnya.

(Pen Lanal Lhokseumawe)

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow